CARA BELAJAR YANG BAIK


CARA BELAJAR YANG BAIK

(Sudahkan anda MEMBANTU ORANG LAIN hari ini !)

Belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh para siswa. Belajar biasanya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dengan bimbingan oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa pekerjaan rumah yang dilakukan secara tergesa memiliki dampak yang tidak baik.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan :

1. Belajar Kelompok
Belajar kelompok dan bersama-sama lebih menyenangkan jika ditemani oleh teman dan di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaliknya jika didampingi oleh orang orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok seharusnya mengajak teman yang pandai dan rajin agar ketularan kepintaranya. Belajar kelompok harus membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian anggota kelompok.

2. Rajin Membuat Ringkasan Pelajaran
Pembuatan catatan dilakukan pada kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sekaligus dapat dibaca di mana pun kita berada.

3. Membuat Perencanaan Yang Baik
Perencanaan yang baik akan mencapai suatu tujuan. Dalam membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui tingkat maksimal belajar kita. Perencanaan digunakan juga ntuk membandingkan dengan kemampuan yang kita miliki.  Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang kurang.

4. Disiplin Dalam Belajar
Apa yang sudah terjadwal harus tetap kita jalankan. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka cepat dilakukan. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain  game dapat merusak konsentrasi belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik.

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Tanyakan kepada guru, teman atau orang tua jika mengalami kesulitan. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya.  Tawarkanlah jika ada hal-hal yang belum dia pahami.

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
Catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting tidak ada di buku dan  akan keluar saat ulangan atau ujian. Baca kembali  catatan yang telah dibuat dan hapalkan. Jika kita sudah merasa mantap, ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban.

7. Hindari Belajar Berlebihan
Belajar borongan dan begadang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap. Hindari belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. begadang akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

8. Jujur Dalam Mengerjakan  Ujian
Hindari mencontek, karena mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan aka terbuka dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.

9. Hapalkan kata-kata kunci

Terkadang kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati dan diakali  Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

10. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar dan fit.  Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh, sekitar jam 05.00-06.00. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru atau menghafalkan materi baru. Selebihnya gunakan mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s